mengenal jenis durian

10 Jenis Buah Durian di Indonesia

Jenis buah durian di Indonesia  – Buah durian memiliki beragam varietas  dan ragam lainnya disetiap daerah memiliki ciri khas tersendiri.

Buah yang  berkulit dan beraroma  tajam ini menjadi favorite makanan di beberapa Negara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Negara asia tenggara lainnya. Hampir masyarakat disini mengenal buah durian sebagai buah yang memiliki cita rasa khas dan  unik. Buah ini mudah di temukan di daerah beriklim tropis.
mengenal jenis durian
1. Durian Ajimah

Durian ini dikenal sebagai durian bung Karno, konon , karena jenis ini adalah salah satu jenis yang disenangi oleh presiden Sukarno. Durian ini bias ditemukan di daerah Ciomas – Bogor. Duri-duri nya besar dan jarang, kulitnya tipis dan berwarna hijua agak keabu-abuan. Dagingnya tebal berwarna kuning muda dan kering, dengan tekstur daging berserat. Sedangkan rasanya manis sedikit kepahitan. Pongge buah besar, tapi bijinya kecil-kecil. Kebanyakan buah tumbuh dengan sempurna, walaupun berukuran kecil, tetapi jika dibuka isi dagingnya sangat padat. Ukuran buah tergolong sedang, dengan rata-rata  berat 1,5 sampai 3 kg/buah.

  1. Durian Bokor
    Berasal dari Sukahaji _ majalengka Provinsi Jawa Barat, Buahnya besar dengan berat mencapai 3,9 kg/buah. Bentuknya bulat panjang, berwarna hiju sedikit kekuningan. Kulit buah mempunyai tebal 3 sampai 5 mm. Durinya berbentuk kerucut besar-besar dan tersusun jarang. Daging memiliki keteblan yang sedang, berwarna kuning muda dengan tekstur halus, dan tidak berserat. Rasanya manis dengan aroma harum. Jumlah pongge/buah +- 15 – 20 dengan biji 10 – 20. Produktivitasnya cukup baik, bias menghasilkan 150-200 buah perpohon. Tahan dengan penyakit busuk akar, tetapi peka terhadap hama penggerek.
  2. Durian Bubur.
    Buah ini besal dari semarang, di darah Brongkol. Bentuk buahnya bulat panjang dengan duri runcing serta tersusun rapat. Kulit buah berwarna kunif sedikit kehijau-hijauan dan berjuring lima. Belimbingan dari juringnya jelas terlihat. Daging buah padat, tebal dan pongge buah berjumlah 1 sampai 5. Teksturnya kering dan kesat berserat, saranya manis dengan arome harum. Ukuran buah lumayan besar, dengan berat 4 sampai 5 kg. sedangkan bji kecil-kecil. Produktivitas tanaman dewasa cukup tinggi, per pohon menghasilkan 300 400 buah/tahun.
  3. Durian Hepe
    Nama berkaitan dengan keadaan biji buah yang kempes (dalam bahasa Sunda = Hepe, durian ini ditemukan di daerah Jonggol Bogor. Buah berbentuk bulat telur dengan warna hijau kecoklatan. Kulit tebal dengan duri runcing dan rapat. Keistimewaannya dagng yang tebal dan rasa manis pahit. Daging buah berwarna krem berserat dan kering. Berat buah 1-2 kg, dan produksi per pohon nya 300 – 400 buah/tahun.
  4. Durian Kanum
    Merupakan durian yang popular di banjar Negara. Keistimewaannya yaitu bijinya kempes, daging buah berlemak, kering dan warnanya kuning tembaga. Rasanya manis legir dengan aroma harum. Berat rata-rata 2,5 kg. Produktivitas 300 – 400 buah/tahun.
  5. Durian kendil
    Durian ini juga di temakan di Bronggkol – Semarang. Namanya dikaitkan dengan bentuk yang bulat seperti periuk 9kendil). Kulit buahnya mudah di belah, buahnya terdiri dari lima juring, dimana disetiap juring berisi daging yang menyatu sehingga terlihat penuh dan padat. Berat buah sekitar 3,5 kg, produktivitas 570 buah/tahun.
  6. durian Lembau
    Jenis durian dari purworejo ini berduri sedang, bentunya seperti kerucut dan tersusun rapat. Ponggenya besar, dagingnya tebal, kasar dan kering, serta berwarna kuning. Rasanya manis dengan aroma yang menyengat dan tajam. Biji buah kecil-kecil dengan produktivitasnya rendah, setiap pohon hanya mampu menghasilakn 30 buah/tahun.
  7. Durian Lutung
    Jenis durian ini di temukan di Kendal. Bentunya hamper sama dengan uah-buah durian lainnya, tetapi kulit berwarna keabu-abuan dengan duri besar-besar tersususn rapat dan kokoh. Kelebihan durian ini bijinya kempes, produktuvitas 100 buh/tahun
  8. Durian Montong
    durian bibit
    Jarang orang mengetahui bahwa durian ini berasal dari Kalimantan. Berhubung pengembangbiakannya dilakukan di Thailand, maka jenis ini identic dengan tanaman Thailand. Tanaman durian montong adalah tanaman genjah, mampu berproduksi di umur 4 – 5 tahun setelah di tanam. Produksi buahnya banyak, mampu beradaptasi di berbagai tempat. Durinya besar dan tersusun jarang, bobot buahnya mencapai 13 kg, daging tebal, rasa manis legit dan beraroma harum. dari sini para petani mulai menjual bibit durian montong bawor sebagai lahan baru yang menjanjikan.
  9. Durian Parung
    Saat ini durian Parung bias di temukan di daerah Darmaga – bogor dan Cilandak barat – Jakarta Selatan. Buah berbentuk bulat memanjang, berwana hijau ke abu-abuan. Daging tebal berwarna kuning, berserat dan tidak kering. Rasanya manis, bijinya berukuran kecil.

    ARTIKEL KAMI LAINNYA:
    Bibit Buah Durian
    Cara menanam bibit durian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s